Pages

Kamis, 10 Oktober 2013

La Liga Pecahkan Rekor Penjualan Pemain

Beberapa pemain bintang yang dijual menghasilkan 404 juta poundsterling
Hengkangnya pemain seperti Roberto Soldado dan Mesut Ozil dari La Liga justru menjadi torehan emas bagi La Liga. Penjualan kedua pemain tersebut ditambah beberapa pemain lainnya menjadikan La Liga sebagai liga yang paling banyak menghasilkan uang dari bursa transfer musim panas ini. Selain pemain yang hengkang ke liga lain, nama-nama seperti Isco dan Asier Illarramendi yang juga berpindah klub walaupun tetap di Spanyol juga turut memberikan andil pada pemecahan rekor ini. Menurut Prime Time, salah satu media di Barcelona, hal ini juga turut dipengaruhi oleh penetapan Financial Fair Play yang mengharuskan klub untuk menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran.
Kebanyakan dari pemain yang hengkang dari La Liga pergi ke Inggris untuk bermain di Premier League. Sementara itu, dari total 404 juta pounds pendapatan, 117 juta di antaranya berasal dari transaksi dengan klub di luar Spanyol. Dari sisi pengeluaran, klub-klub La Liga menghabiskan 337 juta pounds. Real Madrid (154 juta ) dan Barcelona (48 juta) total menyumbang 62% dari jumlah tersebut. Namun, di luar kedua klub tersebut, ada empat klub yang sama sekali tidak mengeluarkan uang dan ada empat lainnya yang mengeluarkan tidak lebih dari 2.5 juta pounds. “La Liga sekarang lebih sebagai penjual daripada pembeli,” tulis Prime Time. “13 dari 20 tim lebih memilih untuk menjual pemain dan menyelesaikan masalah keuangan mereka.”
10 i
Menurut harian yang sama, setelah mendatangkan Gareth Bale, El Real total menghabiskan 611 juta pounds dalam lima tahun terakhir, hampir 40 persen dari pengeluaran total La Liga. Mereka juga menghabiskan 75% lebih banyak daripada Barcelona (293 juta) yang hanya mendatangkan satu pemain musim ini – Neymar dari Santos dengan banderol 38 juta pounds – pertama kalinya sejak seperempat abad lalu. El Azulgrana juga tercatat diperkuat oleh 17 pemain hasil akademi mereka, jumlah yang sama dengan Athletic Bilbao yang hanya memainkan pemain yang berasal dari daerah Basque.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About