Pages

Selasa, 17 September 2013

Menguak pesona Son Doong, gua terbesar di dunia!

Menguak pesona Son Doong, gua terbesar di dunia!
Sebelumnya, belum pernah ada orang yang mengetahui ada keindahan alam yang sangat istimewa dan tak ada duanya tersimpan di dalam gua ini. Hingga empat tahun yang lalu, gua Son Doong di Vietnam akhirnya ditemukan dan mendapatkan sebutan sebagai gua terbesar di dunia.
Gua ini memiliki panjang 5,5 mil lengkap dengan hutan dan sungai yang terlindung di balik dinding setinggi 40 lantai. Seorang penduduk lokal menemukan pintu masuk gua ini pada tahun 1991, namun seorang penjelajah asal Inggris berhasil menguak apa yang ada di dalamnya pada tahun 2009. Kini perusahaan tur Oxalis melakukan tur percobaan ke dalam gua ini selama enam hari.
Penduduk lokal yang pertama kali menemukan Son Doong tak berani masuk ke dalam karena melihat jalan masuk gua yang terlalu curam. Jika tur ke dalam gua ini berhasil, tahun depan pengunjung harus turun ke kedalaman 80 meter untuk masuk ke dalam gua ini.
Yang pertama kali dilakukan di dalam gua adalah berkemah di dekat Hand of Dog. Hand of Dog adalah batu stalakmit berukuran besar yang terlihat seperti cakar anjing, seperti dilansir oleh Huffington Post (07/09).
gua dong soon
Sungai dan pintu keluar gua Son Doong
Pada beberapa bagian, atap gua telah runtuh beberapa abad lalu sehingga memungkinkan tumbuhnya tanaman. Ini membuat bagian dalam gua terlihat seperti hutan yang dihuni oleh monyet dan rubah terbang. Penjelajah menamakan daerah ini Garden of Edam.
Padang alga yang diperkirakan muncul karena adanya kolam pada masa kuno juga menghiasi beberapa bagian dari gua. Alga tersebut menyelimuti lantai gua dan membuatnya terlihat indah, seperti permadani. Son Doong juga menyimpan keindahan kristal di atapnya. Kristal ini berasal dari tetesan air dari ratusan tahun lalu yang mengering dan membentuk bongkahan kristal yang tertutup pasir.
gua dong soon
Kristal yang tertutup oleh pasir di langit-langit Son Doong
Peneliti juga menemukan spesies tanaman di sekitar air terjun Son Doong yang belum pernah dilihat sebelumnya. Selain itu juga ada sebuah sungai besar di dalam gua ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About