Pages

Minggu, 17 November 2013

[Daily News 04/09/13] Super-Buffon dan Perkiraan Revenue 2012/13

Signora1897 ers, mari kita mulai Daily News hari ini dari sektor primavera. Pada bulan September ini, Juve primavera, sebagai juara Coppa Italia Primavera musim lalu, akan menghadapi Lazio primavera, juara kompetisi primavera (semacam Serie A-nya primavera) musim lalu, di ajang SuperCoppa Italiana Primavera pada hari Kamis, 26 September 2013 20.45 CET di Stadio Olimpico, Roma.

Namun yang lebih penting dari itu, di bulan September ini tim Juve primavera juga untuk pertama kalinya akan mengikuti ajang penting kompetisi Eropa milik UEFA: UEFA Youth League, atau yang semula diberi nama UEFA U-19 Champions League.

Tim-tim primavera peserta UEFA Youth League adalah persis sama seperti tim-tim utama mereka di UEFA Champions League hingga ke anggota grup dan tanggal mainnya. Jadi, tim Juve primavera akan segrup dengan Real Madrid, Galatasaray dan Copenhagen, dan akan bermain di tanggal yang sama dengan tim seniornya.

Bedanya adalah, babak knockout (setelah lolos grup) hanya akan dimainkan sekali (bukan home and away) dan semifinal dan final akan dimainkan di tempat netral.

Entah kebetulan atau tidak, UEFA Youth League ini pertama kalinya diselenggarakan saat NextGen Series akan vakum di musim ini karena kekurangan dana/sponsor. Memang, banyak kalangan menilai UEFA Youth League ini diselenggarakan untuk “menandingi” NextGen Series dan terselenggaranya UEFA Youth League ini juga masih dalam tahap percobaan. Mudah-mudahan percobaan ini berhasil sehingga tiap tahun kita akan disuguhi pertandingan pemain-pemain primavera kita di ajang Eropa.

***

Dari tim primavera kita bergerak ke legenda dan kapten kita, Gianluigi Buffon. Buffon, yang juga kapten timnas Italia, sekarang memiliki 134 caps dengan timnas Italia dan apabila di international week ini dia turun saat Italia menghadapi Bulgaria dan Republik Ceko, maka Buffon akan menyamai rekor caps milik Fabio Cannavaro, 136, terbanyak di Italia.

Yang akan menjadi spesial adalah, Italia akan menjamu Republik Ceko di Juventus Stadium, kandang sang kapten. Bisa dipastikan, Juventus Stadium dan para fans akan melakukan sesuatu yang spesial di pertandingan ini.

Super-BuffonPenulis sendiri masih ingat, saat menyaksikan partai Rusia-Italia bulan Oktober 1997, dimana Buffon melakukan debutnya di bawah hujan salju! Saat itu, Buffon masih berbaju Parma dan baru berumur 19 tahun! Dan yang lebih luar biasa lagi, dia mengawal gawang dengan baik dan bahkan melakukan satu penyelamatan gemilang dan memastikan Italia tidak kalah dari Russia, yang saat itu masih merupakan salah satu tim terbaik Eropa.

Statistik dan penampilan di atas lapangan membuktikan, bahwa Buffon memang salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah ada di dunia dan buat penulis, Buffon adalah penjaga gawang terbaik sepanjang masa dan bakatnya sepertinya jarang sekali muncul. Juve akan sangat kesulitan menggantikannya saat dia pensiun nanti. (Memang kita punya Nicola Leali, salah satu kiper muda terbaik Italia saat ini tetapi, tidak ada seorangpun yang memiliki bakat seperti Buffon).

Mari kita nantikan momen bersejarah Super-Buffon hari Selasa, 10 September 2013 nanti di Juventus Stadium.

***

Akhir minggu lalu, ada artikel menarik di Gazzetta dello Sport (GdS) mengenai perkiraan revenue/omzet Juve di musim 2012/13 lalu. Angka persisnya baru akan dipastikan di Board of Directors (BoD) meeting 24 September nanti tetapi GdS memperkirakan, revenue 2012/13 Juve adalah 276m!

Angka ini jauh meningkat dari revenue 2011/12, 195m, dimana memang Juve tidak bermain di kancah Eropa. Pencapaian angka ini juga pasti terbantu oleh Juventus Stadium, J-Stadium dan kerjasama-kerjasama bisnis Juve dengan sponsor-sponsor yang ada.

Memang, walau dengan revenue sebesar ini, Juve masih mengalami kerugian, diperkirakan di angka 17.3m, tetapi inipun sudah jauh lebih baik dibanding angka kerugian musim 2011/12, 48.7m, dan Andrea Agnelli berharap, di musim 2014/15 atau 2015/16, Juve sudah tidak mengalami kerugian lagi.

Bagi yang belum tau, Juve telah membeli area Continassa, area persis di samping Juventus Stadium dan di sini, rencananya akan dibangun Juventus Town dengan perkiraan tenggat waktu sebagai berikut:

Multiplex theaters: September 2014Concept store: December 2014Juventus training and media center: Juli 2015J-Hotel: Juli 2015Residences and homes: December 2015Corporate Headquarters: Juli 2017

Continassa

Jadi, para fans akan sangat dimanjakan di Continassa/Juventus Town ini dan juga, akan sangat menguras kantong dan ini, akan semakin meningkatkan revenue Juve. Apalagi, di tahun 2015, Juve juga akan mulai melakukan negosiasi kontrak baru dengan dua sponsor utama: aparel (Nike hingga 2015) dan baju/seragam (Jeep hingga 2015). Apabila Juve terus berprestasi baik, bisa dipastikan Juve akan mendapat lebih dari 20m per tahun dari aparel (seperti yang didapat Inter Milan dari Nike tiga tahun lagi) dan mungkin dapat mendekati apa yang didapat Arsenal dan Chelsea (sekitar 35m per tahun, dari Puma dan Adidas respectively).

Mengapa kita perlu mengejar revenue? Karena dengan revenue-lah kita bisa mengejar tim-tim seperti Real Madrid, Barcelona, Manchester United dan Bayern, dimana saat Juve meraup 195m, mereka sudah beromzet 512m, 483m, 396m, dan 368m respectively. Agnelli sendiri, dalam sebuah temu wicara tahun lalu, mengatakan bahwa untuk dapat bersaing dengan tim-tim tersebut, Juve perlu memiliki revenue di atas 300m dan disinilah, Juventus Stadium dan Continassa (Juventus Town) akan sangat berperan. Sekedar info, selain Juve, belum ada tim Italia lain yang memiliki stadion sendiri (Udinese akan menjadi yang kedua) dan otomatis, masih lebih jauh lagi bagi mereka untuk dapat memiliki town sendiri.

Jadi, Juventini, masa depan tim kita cerah sekali!

______________________________________________________________________________________

“I didn’t choose Juve. Juve chose me.” @dwicarta is just an ordinary guy who happens to bleed black-and-white since Roby Baggio wreaked havoc in 1990 World Cup in Italy. When time permits, he’d like to spend it on hoops and one of his passions: writing. One day he stumbled into juventus.theoffside.com and now here he is: doing his passion on his passion.

View the original article here


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About